Konsep Dasar Sistem, Karakteristik Sistem serta Klasifikasi Sistem

12/14/2015
Konsep Dasar Sistem, Karakteristik Sistem serta Klasifikasi Sistem
Apa itu sistem? pengertian sistem menurut para ahli? pertanyaan seperti itu mungkin sering kita tanyakan saat menggarap tugas akhir atau skripsi, karena tanpa adanya landasan atau pengertian dari para ahli maka tulisan kita tidak akan di anggap. nah disini saya coba membahas sedikit pengertian sistem menurut para ahli, karakteristik sistem serta klasifikasi sistem.

Pengertian Sistem

Menurut Kusrini (2007:11) mengemukakan bahwa “Sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan tugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu”.

Menurut Winarno (2006:1.3) menyimpulkan bahwa definisi sistem adalah sekelompok komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Sistem berfungsi menerima input (masukan), mengolah input, dan menghasilkan output (keluaran). Input dan output berasal dari luar sistem, atau dari lingkungan sistem tersebut berada. Oleh karenanya, sistem akan berinteraksi dengan lingkungannya. Sistem yang mampu berinteraksi dengan lingkungannya akan mampu bertahan lama. Sistem yang tidak cepat berinteraksi dengan lingkungannya tidak akan bertahan lama.

Dari definisi-definisi di atas, dapat kita simpulkan bahwa sistem terdiri dari unsur-unsur atau elemen-elemen yang merupakan bagian yang saling terpadu dan saling berhubungan secara erat  antara satu dengan yang lainnya dengan sifat serta kerjasama antara unsur atau elemen tersebut mempunyai bentuk yang tertentu dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang sama pula. Dapat pula dikatakan bahwa suatu sistem dari dari struktur dan proses. Struktur merupakan unsur-unsur yang secara terintegrasi membentuk sistem tersebut. Sedangkan proses merupakan penjelasan prosedur atau tata urutan kerja dari suatu sistem untuk mencapai tujuan tertentu. Agar suatu sistem dapat bekerja secara efektif dan efesien maka setiap struktur dan proses tersebut harus saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Karakteristik Sistem

Menurut Kusrini dan Koniyo (2007:6) sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, diantaranya:

  • Komponen Sistem (Component) : Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang saling bekerja sama membentuk suatu komponen sistem atau bagian-bagian dari sistem.
  • Batas Sistem (Boundary) : Merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan kerjanya.
  • Subsistem : Bagian-bagian dari sistem yang beraktivitas dan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan dengan sasarannya masing-masing.
  • Lingkungan Luar Sistem (Environment) : Suatu sistem yang ada diluar dari atas sistem yang dipengaruhi oleh operasi sistem.
  • Penghubung Sistem (Interface) : Media penghubung antara suatu subsistem dengan subsistem lain. Adanya penghubung ini memungkinkan berbagai sumber daya mengalir dari suatu subsistem ke subsistem lainnya.
  • Masukan Sistem (Input) : Energi yang masuk ke dalam sistem, berupa perawatan dan sinyal. Masukkan perawatan adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat berinteraksi.
  • Keluaran Sistem (Output) : Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.
  • Pengolahan Sistem (Proces) : Suatu sistem yang mempunyai suatu bagian pengolah yang akan mengubah masukan menjadi keluaran.
  • Sasaran Sistem (Objective) : Tujuan yang ingin dicapai oleh sistem, akan dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuan.

Klasifikasi Sistem

Menurut Kusrini dan Koniyo (2007:7) mengatakan bahwa suatu sistem dapat diklasifikasikan sistem sebagai berikut:

  • Sistem Abstrak dan Sistem Fisik : Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau gagasan yang tidak tampak secara fisik. Sedangkan sistem fisik adalah sistem yang ada secar fisik.
  • Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia : Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi karena proses alam. Sedangkan sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancangan oleh manusia.
  • Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu : Sistem tertentu adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat. Sedangkan sistem tak tertentu adalah sistem dengan perilaku kedepan yang tidak dapat diprediksi.
  • Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka : Sistem Tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungan luar atau otomatis. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dapat terpengaruh dengan keadaan lingkungan luarnya.

Daftar Pustaka :


  1. Kusrini, M.Kom. 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data: CV. Andi Offset.
  2. Winarno. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  3. Kusrini, dan Koniyo Andri. 2007. Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

I'm interested in your article
I also have the same article that you can read in http://ps-tsi.gunadarma.ac.id
thank you

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.