Pengertian Normalisasi, Jenis-Jenis Key serta Tahapan Normalisasi

12/14/2015
normalisasi merupakan cara pendekatan dalam membangun desain logika basis data relasional
Dalam basis data, normalisasi digunakan untuk memperbaiki susunan rancangan tabel pada database yang nantinya akan didapat hasil maksimal, sehingga dalam pembuatan program, database tersebut bisa maksimal. adapun pengertian normalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Menurut Kusrini (2007:40) “normalisasi merupakan cara pendekatan dalam membangun desain logika basis data relasional yang tidak secara langsung berkaitan dengan model data, tetapi dengan menerapkan sejumlah aturan dan kriteria standar untuk menghasilkan struktur tabel yang normal.”

Sedangkan dalam tujuan penggunaan normalisasi menurut Frieyadie (2010:1) “Normalisasi bertujuan untuk mengurangi ketidak normalan rancangan tabel yang redudansi atau memiliki struktur atau nilai ganda.”

Berdasarkan pengertian diatas normalisasi merupakan tahapan desain logika basis data relasional yang tidak secara langsung berkaitan dengan model data, tetapi dengan menerapkan sejumlah aturan dan kriteria standar untuk menghasilkan struktur tabel yang normal dengan tujuan untuk mengurangi ketidak normalan rancangan tabel yang redudansi atau memiliki struktur atau nilai ganda.

Didalam normalisasi terdapat pula field kunci atau disebut dengan Key. Menurut Marlinda (2004:118) “Key adalah sejumlah atribute yang mengidentifikasi record/baris dalam sebuah relation secara UNIQUE.” Masih dalam buku Marlinda (2004:118) terdapat beberapa jenis key, yaitu:

  • Candidate key adalah Atribute-atribute yang menjadi determinan yang dapat dijadikan identitas record pada sebuah relation bisa terdapat satu atau lebih candidate key.
  • Primary key adalah candidate key yang menjadi identitas record, karena dapat mengindetifikasi record secara unique.
  • Alternate key adalah Candidate key yang tidak dijadikan primary key.
  • Composite key merupakan Key yang terdiri dari atribute atau lebih. Atribute-atribute tersebut bila berdiri sendiri tidak menjadi identitas record, tetapi bila dirangkaikan menjadi satu kesatuan akan dapat mengindetifikasi secara unique.
  • Foreign key adalah Non-key atribute pada sebuah relation yang juga menjadi key (primary) atribute di relation lainnya. Foreign key biasanya digunakan sebagai penghubung antara record-record dan kedua relation tersebut.

Untuk menormalisasikan tabel-tabel dalam database relasional, diperlukannya teknik-teknik dan tahapan dalam melakukan normalisasi. Masih dalam bukunya Kusrini (2007:41) ada beberapa tahapan-tahapan normalisasi tersebut adalah, sebagai berikut :

  • Bentuk tidak normal : Bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti format tertentu, dapat saja tidak lengkap dan terduplikasi.
  • Bentuk Normal Tahap Pertama (1 Normal Form) :Sebuah tabel disebut 1NF jika : Tidak ada baris yang duplikat dalam tabel tersebut dan Masing-masing cell bernilai tunggal.
  • Bentuk Normal Tahap Kedua (2 Normal Form) : Bentuk Normal Kedua (2NF) terpenuhi jika pada sebuah tabel semua atribut yang tidak termasuk dalam primary key memiliki ketergantungan fungsional pada primary key secara utuh. Sebuah tabel dikatakan tidak memenuhi 2NF, jika ketergantungannya hanya bersifat parsial (hanya tergantung pada sebagian dari primary key).
  • Bentuk Normal Tahap Ketiga (3 Normal Form) : Sebuah tabel dikatakan memenuhi bentuk normal ketiga (3NF), jika untuk setiap ketergantungan fungsional dengan notasi X - > A, dimana A mewakili semua atribut tunggal di dalam tabel yang tidak ada didalam X, maka : X haruslah superkey pada tabel tersebut. atau A merupakan bagian dari primary key pada tabel tersebut.
  • Bentuk Normal Tahap Keempat Dan Kelima : Penerapan aturan normalisasi sampai bentuk normal ketiga sudah memadai untuk menghasilkan tabel berkualitas baik. Bentuk normal keempat berkaitan dengan sifat ketergantungan banyak nilai (multivalued depedency) pada suatu tabel yang merupakan pengembangan dari ketergantungan fungsional. Adapun bentuk normal tahap kelima merupakan nama lain dari Project Join Normal Form (PJNF).
  • Boyce Code Normal Form (BCNF) : memenuhi 1NF dan relasi harus bergantung fungsi pada atribut superkey.

demikian pengertian singkat  normalisasi, bentuk-bentuk normalisasi, serta beberapa jenis key yang digunakan dalam normalisasi basis data.

Daftar Pustaka:

  • Kusrini. 2007. Strategi Perancang Dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta : Andi.
  • Frieyadie. 2010. Mudah Belajar Pemrograman Database MySQL Dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Yogyakarta : Andi.
  • Marlinda, Linda. 2004. System Basis Data. Yogyakarta : Andi.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.