Membuat Autonumber Otomatis Pada VB 6.0 dan MySQL

11/27/2016
Selamat malam teman-teman, melanjutkan tutorial sebelumnya mengenai visual basic 6.0, kali ini saya akan membahas mengenai cara Membuat Autonumber Otomatis Pada VB 6.0 dan MySQL implementasinya misalnya dalam koding membuat nomor faktur otomatis pada vb 6 dan mysql. Sebelumnya saya harap teman-teman sudah bisa mengkoneksikan antara vb 6.0 dengan database MySQL, atau silakkan kunjungi tutorial saya sebelumnya yaitu cara membuat koneksi vb 6.0 dan MySQL menggunakan adodb connection.

Jika sudah, Silakkan membuat database baru, saya membuat database kampus dengan tabel mahasiswa. adapun struktur dari tabel tersebut adalah seperti gambar di bawah ini.
Autonumber Otomatis Pada VB 6.0 dan MySQL
Struktur Database
Jika sudah, langsung buka aplikasi VB 6.0 teman-teman, dan langsung membuat modul. struktur modul yang saya buat adalah seperti berikut.

Untuk penjelasan masing-masing baris kode, pada tutorial saya sebelumnya sudah saya bahas lengkap, nah selanjutnya saya membuat form dengan struktur seperti gambar di bawah ini:
Bikin Autonumber Otomatis Pada VB 6.0 dan MySQL
Struktur Form Sederhana
Keterangan:
Selanjutnya isi pada bagian view code atau klik 2 kali pada bagian form, dan tambahkan kodingan form load seperti berikut ini:
Fungsi dari kodingan di atas adalah, menampilkan record pada database MySQL kedalam datagrid1 agar lebih mudah melihat record apa saja yang sudah tersimpan di database. Kemudian saya juga menambahkan sub baru agar ketika form dijalankan, maka tampilan form akan bersih dan sesuai dengan yang kita inginkan, sub yang saya buat adalah sub bersih funginya untuk membersihkan nilai pada textbox form yang masih tertinggal, sub nonaktif fungsinya menonaktifkan textbox untuk meminimalisir error karena ketidak sengajaan dalam mengisi, dan sub aktif untuk mengaktifkan textbox ketika akan menginput data pada textbox. untuk source code lengkap nya adalah sebagai berikut:

Ketika Form di load maka tampilan textbox akan bersih dan keseluruhannya nonaktif, hanya command input dan batal yang bisa di gunakan, nah barulah selanjutnya menambahkan kodingan pada tombol input, agar data yang terisi pada textbox dapat tersimpan dalam database. Disini saya sudah membuat source lengkapnya, seperti terlihat dibawah ini:
Sekarang coba teman-teman input dan coba simpan, pasti error hehe. karena textbox nim dinonaktifkan sedangkan text tersebut merupakan field primary key pada database. tujuan saya menonaktifkan textbox tersebut adalah nantinya textbox tersebut akan terisi secara otomatis id unik untuk primary key pada database. nah inti dari tutorial ini ada disini, yaitu penambahan kodingan untuk menciptakan id otomatis pada primary key (saya menyebutnya autonumber). Nah penampakan kodingan lengkap dari awal sampai akhirnya adalah seperti berikut ini.
Penjelasan dari kodingan diatas adalah, saya menambahkan deklarasi variabel kodeid pada baris kode no 2 agar lebih jelas, sebenarnya bisa saja menggunakan deklarasi variabel yang pertama dengan syarat ketika akan digunakan terlebih dahulu di set nilainya menjadi baru (tidak memiliki nilai) dengan penambahan kodingan Set datauser = New ADODB.Recordset.
Membuat Autonumber Otomatis Pada VB 6.0 dan MySQL
Hasil Penggunaan AutoNumber di VB 6.0
Barisan koding inti dari pembuatan autonumber pada vb 6.0 dan MySQL adalah seperti berikut:

  • Pertama kita buat private sub dengan nama bebas, saya menggunakan private sub autonomor() ketika di enter maka akan otomatis terbuat penutup sub nya yaitu end sub.
  • Kita set nilai dari kodeid dengan mengambil nilai pada tabel mahasiswa dengan menggunakan nilai pada field idmahasiswa dan diurutkan dengan descending.
  • Kemudian kita buat percabangan dengan menggunakan with kodeid, dan menambahkan lagi percabangan didalamnya dengan menggunakan if ,EOF artinya kodeid akan membaca barisan nilai pada kolom idmahasiswa pada bagian terakhir nilai (End of Field).
  • Jika pada tabel mahasiswa masih belum ada record, maka otomatis menambahkan text "MHS" dan "001" ini alasan saya mengapa memberikan variabel varchar pada field idmahasiswa dengan nilai 6. Teman-teman bisa mengubahnya sesuai kebutuhan.
  • Jika Sudah ada nilai pada tabel mahasiswa, maka akan dibaca nilai terakhir pada kolom idmahasiswa, dengan mengeksekusi baris kode berikutnya. yaitu baris txtnim.Text = "MHS" & Right(Str(Val(Right(.Fields(0), 3)) + 1001), 3)
  • Maksud dari baris kode di atas adalah, menambah nilai 1 dari baris terakhir dengan mengambil nilai tiga angka dari sebelah kanan, misalnya nilai terakhir adalah MHS123 maka otomatis akan menambah 1 menjadi MHS124.
  • Keuntungan menggunakan autonumber pada kodingan vb 6.0 dan MySQL ini adalah ketika barisan record sudah banyak contohnya di atas 100 maka tidak akan pernah error karena setiap id yang dibuat akan unik.
Nah itu dia penjelasan sederhana dari saya mengenai cara Membuat Autonumber Otomatis Pada VB 6.0 dan MySQL. Semoga bermanfaat dalam implementasi koding membuat nomor faktur otomatis pada vb 6 dan mysql, jika ada yang belum jelas bisa menghubingi saya melalui kontak atau kolom komentar.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.