Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

12/13/2016
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang dibutuhkan sebuah organisasi baik itu organisasi swasta (misalnya perusahaan) atau instansi pemerintahan dengan melakukan pengolahan seluruh transaksi yang terjadi yang mendukung tugas serta fungsi manajemen dalam pengambilan sebuah keputusan.

Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang dibutuhkan sebuah organisasi
Ilustrasi SIM (sumber:wikipedia)
Sistem Informasi Manajemen (SIM) Meliputi metode serta upaya yang terorganisir dalam menjalankan fungsi pengumpulan data transaksi, baik itu yang bersumber dari dalam maupun dari luar organsasi dan mempergunakan sistem yang terkomputerisasi dalam prosesnya, dengan tujuan dapat menghasilkan serta kemudian menyajikan informasi yang akurat, tepat, dan up to date yang ditujukan untuk seluruh pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan manajemen organisasi.

Definisi Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli


Menurut Donald W. Kroeber, Sistem Informasi Manajemen dapat didefinisikan sebagai sejumlah proses dalam menyajikan informasi kepada para pihak manajer yang digunakan untuk mendukung kegiatan operasional organisasi serta pengambilan sebuah keputusan di dalam suatu organisasi.

Sedangkan Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut Donald W. Kroeber, Gordon B. Davis juga mengatakan hal yang sama, Gordon B. Davis mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dimana sistem tersebut menyajikan informasi yang berguna dalam menunjang operasional manajemen serta berfungsi sebagai bahan pengambilan sebuah keputusan dalam aktifitas suatu organisasi. Sistem yang dimaksud juga memanfaatkan perangkat lunak dan perangkat keras system komputer serta beberapa prosedur yang bersifat manual misalnya model untuk analisa, perencanaan, pengawasan dan juga pengambilan suatu keputusan.

Sistem Informasi manajemen dapat digambarkan dalam rupa bangunan piramid.

Definisi Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli
Sistem Informasi Manajemen
Keterangan Gambar:

Lapisan Dasar - Terdiri dari informasi dalam kegiatan pengelolaan transaksi, penjelasan mengenai status transaksi dan juga beberapa informasi pendukung mengenai informasi sumber seluruh aktifitas transaksi.

Lapiran Kedua - Terdiri dari sumber informasi dalam kegiatan operasional manajemen sehari hari

Lapisan Ketiga – berisi mengenai informasi sumber daya sistem informasi dalam membantu sebuah perencanaan taktis serta pengambilan sebuah keputusan dalam pengendalian manajemen

Lapisan Puncak - Terdiri dari sumber daya informasi yang bertujuan untuk mendukung sebuah perencanaan serta perumusuan sebuah kebijakan oleh manajemen tertinggi dari organisasi.

Tujuan Dari Sistem Informasi Manajemen


Nah, Berikut ini merupakan tujuan dari adanya Sistem Informasi Manajemen dalam sebuah organisasi:
  1. Menyediakan beberapa informasi yang dibutuhkan di dalam penentuan hpp dari sebuah produk fisik maupun jasa atau adanya tujuan lainnya yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.
  2. Menyediakan suatu informasi yang digunakan di dalam perencanaan, pengendalian, maupun evaluasi, serta dapat pula digunakan untuk perbaikan jangka panjang terhadap sebuah sostem organisasi.
  3. Serta selanjutnya menyediakan suatu informasi yang digunakan oleh pihak manajemen organisasi dalam pengambilan suatu keputusan.

Dari ketiga tujuan itu menunjukkan bahwa pihak manajerial dari sisi internal organisasi serta pihak lain baik internal maupun eksternal dalam sebuah organisasi perlu memiliki akses ke sistem informasi akuntansi manajemen, dan juga mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya.

Sistem informasi akuntansi manajemen tersebut dapat membantu internal organisasi dalam mengidentifikasi suatu masalah yang ada dalam tubuh organisasi, kemudian menyelesaikan masalah tersebut, serta mengevaluasi kinerja seluruh bagian.

Proses Manajemen


Dalam memperoleh Sistem Informasi Manajemen, proses tersebut dapat didefinisikan sebagai dari beberapa aktivitas atau kegiatan seperti dibawah ini:
  • Perencanaan, merupakan tahapan identifikasi terinci untuk dapat mencapai suatu tujuan akhir tertentu merupakan sebuah aktivitas manajemen yang disebut dengan tahapan awal yaitu perencanaan. Oleh sebab itu , perencanaan mensyaratkan suatu penetapan tujuan serta juga identifikasi metode agar dapat mencapai tujuan tersebut.
  • Pengendalian, tahap pertama dalam tahapan proses manajemen tersebut hanyalah setengah dari dalam proses pengambilan keputusan. Setelah kegiatan perencana tersebut dibuat, kemudian rencana tersebut harus diimplementasikan, serta juga seluruh pihak internal organisasi harus memonitoring pelaksanaannya untuk dapat memastikan tahap implementasi system tersebut berjalan dengan sebagaimana mestinya. Aktivitas atau kegiatan manajerial untuk memonitoring seluruh implementasi perencanaan serta juga melakukan tindakan korektif sesuai dengan kebutuhan, disebut pengendalian.
  • Pengambilan Keputusan, proses terakhir di dalam tahapan proses manajemen merupakan pemilihan di beberapa alternatif pemecahan masalah adalah proses pengambilan suatu keputusan. Pada tahapan terakhir ini, pihak manajer harus mampu menganalisa alternatif pilihan yang paling tepat diambil untuk perencanaan pengendalian sebuah organisasi kedepannya.

Nah itu dia pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli, gambaran sistem, tujuan, serta tahapan dari proses manajemen perusahaan secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Untuk pengertian sistem lebih jelasnya dapat dibaca disini Konsep Dasar Sistem.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.