Cara Mudah Membuat DAD atau DFD dengan Visio 2007

1/15/2017
Dalam menyelesaikan Tugas Akhir di AMIK BSI atau bisa juga kampus lain jurusan Komputer biasanya menyertakan DAD (Diagram Alir Data) atau DFD (Data Flow Diagram) pada bab 3 dan bab 4 yang merupakan inti dari pembahasan materi tugas akhir. Nah, membuat DAD ini tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biasanya di Kampus AMIK BSI, disediakan outline TA terbaru yang dijadikan sebagai acuan dalam menyusun Tugas Akhir, Nah berikut ini saya akan bahas tips membuat Data Flow Diagram dengan mudah dan rapi dengan menggunakan Microsoft Visio 2007.

Jika teman-teman ingin mengikuti tutorial ini, silakkan download dan instal terlebih dahulu Microsoft Visio 2007. Download file mentahnya disini . Kemudian install visio seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

Cara Mudah Membuat Diagram Alir Data atau DFD dengan Visio 2007


Langsung saja, silakkan buka Microsoft Visio yang sudah di install. Tampilan pertama yang akan tampil saat membuka visio 2007 adalah seperti gambar dibawah ini.
Cara mudah membuat DAD dengan Visio 2007
Tampilan Awal Microsoft Visio 2007
Terdapat banyak pilihan menu untuk membuat skema dengan visio, untuk DFD sendiri belum ada menu khususnya, jadi saya memilih tab Flowchart di sebelah kiri, kemudian di sebelah kanan pilih Basic Flowchart (klik 2 kali). Akan tampil jendela baru visio, di sebelah kiri ada banyak gambar shape. Jangan Bingung karena untuk membuat Data Flow Diagram saya tidak menggunakan shape yang di sebelah kiri, namun hanya menggunakan menu drawing di sebelah kanan yang saya beri kotak merah.
Cara Mudah Membuat DAD atau DFD dengan Visio 2007, Kertas kerja membuat DFD mudah dengan Visio
Kertas Kerja Membuat DFD dengan Visio

Untuk Membuat External Entity, Langkah pertama pada menu drawing yang saya jelaskan di atas, pilih yang gambar kotak, kemudian buat kotak segi 4 pada kertas kerja kalian, Setelah kotak segi 4 jadi, pilih menu format dan cari sub menu shadow, pada pilihan style pilih no 5 : Offset, Upper Left, Kemudian pada bagian  Size & Position, Normalnya adalah X Offset : -0.125 in dan Y Offset : 0.125 in, Nah biar lebih rapi, ubah bagian ini X Offset : -0.1 in dan Y Offset : 0.1 in. Kemudian Klik Apply dan OK. Lebih Jelasnya pada gambar di bawah ini.
Cara membuat eksternal entity mudah dengan visio
Langkah Membuat Eksternal Entity DAD
Selanjutnya adalah bagiamana cara membuat Proses Diagram Alir Data pada visio? Sangat mudah.
Langkah pertama, kalian harus membuat persegi seperti halnya langkah pertama dalam membuat External Entity. Setelah itu, Pilih Menu Format, dan pilih sub menu Corner Rounding, Jika pilihan Corner Rounding sudah tampil, pilih pilihan No.4 atau yang saya beri kotak merah pada gambar dibawah ini, Klik Apply dan OK.
Cara mudah membuat proses DFD dengan Visio
Langkah Membuat Proses pada DFD
Untuk membuat Garis di bagian atas yang merupakan pemisah angka proses dan keterangan proses, cukup tambahkan garis pada menu drawing, bikin lurus ya. Mudah Bukan?

Selanjutnya adalah, bagaimana cara membuat arus data pada Data Flow Diagram menggunakan Visio? Jawabannya lebih mudah. Kalian cukup membuat garis lurus, arah membuat garisnya adalah, pilih arus data keluar menuju arus data masuk.

Misalnya pada Prosedur Sistem berjalan ada proses sebagai berikut :

Calon Peserta melakukan registrasi ke bagian administrasi dengan menyerahkan data diri (contoh : KTP). Nah membuat garis arus datanya harus dari eksternal entity yang memiliki keterangan calon peserta ke arah proses yang memiliki keterangan registrasi.

Jika garis lurus sudah selesai di buat, pada bagian menu, ada gambar garis 4 buah, itu untuk menentukan weight garis (besarnya garis) pilih pilihan no 5, kemudian di sebelahnya ada gambar garis 3 berbentuk panah, pilih pilihan no 5 (line ends). lebih jelas nya, perhatikan gambar berikut ini.
Langkah mudah membuat Arus Data DFD dengan Visio
Langkah Membuat Arus Data DFD
Nah, Tahapan selanjutnya adalah membuat data storage DFD. Membuat data storage cukup mudah, yaitu dengan menggunakan menu line pada menu drawing tadi. seperti gambar di bawah ini.
Langkah mudah membuat Data Storage DAD dengan Visio 2007
Langkah Membuat Storage pada DFD
agar semua gambar data storage ini bisa jadi 1, Blok gambar yang sudah kita buat, klik kanan kemudian pilih shape, dan pilih group.

Jika akan memberikan keterangan setiap gambar misalnya nama eksternal entity, nama proses, nama arus data, cukup pilih menu insert pada bagian atas, kemudian sub menu text box. Bagaimana? Sekarang sudah bisa membuat DFD sendiri? Pasti bisa dong. Proses nya sangat mudah kok.

Jika ada yang kurang jelas mengenai Cara Mudah Membuat DAD atau DFD dengan Visio 2007, Silakkan hubungi saya pada bagian kontak, Terima Kasih semoga sukses dan Wisuda dengan Predikat Cumlaude,

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.